Saturday Feb 04, 2023

9 Fitur Penting Pada Sebuah Kamera HP Berkualitas

Kamera HP

Fitur-fitur yang ditawarkan menjadi penilaian kebanyakan orang ketika ingin membeli HP. Dari sekian banyak fitur yang ada, fitur kamera menjadi salah satu fokus utama. Semakin bagus spesifikasi kameranya, maka peminat HP tersebut akan semakin banyak.

Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan. Pasalnya, masyarakat modern saat ini tidak lepas dari aktivitas fotografi. Kegiatan apapun yang mereka lakukan selalu diabadikan dalam bentuk pengambilan berupa foto atau video.

Karena alasan inilah, masyarakat sangat memerhatikan kualitas kamera pada sebuah HP. Di sisi lain, kualitas kamera erat kaitannya dengan fitur-fitur yang disematkan pada kamera itu sendiri. Oleh karena itu, postingan kali ini akan membahas mengenai fitur-fitur penting yang disematkan pada kamera HP.

Inilah 9 Fitur Penting yang Harus Ada Pada Kamera HP

1. Ada Fitur Autofocus

Berbicara tentang kamera tentu tidak lepas dari pembahasan mengenai fitur autofocus yang disematkan padanya. Sebab, keberadaan fitur ini sangat membantu kamera HP untuk menghasilkan foto yang berkualitas.

Fungsi utama dari fitur ini adalah mengunci atau memfokuskan objek yang disorot oleh kamera. Apabila fitur ini tidak ada, bisa dipastikan kalau hasil jepretan kamera akan terlihat buram dan tidak jelas. Oleh karena itu, keberadaan fitur ini sangat penting pada sebuah kamera.

Perlu dicatat bahwa ukuran megapiksel yang besar bukan satu-satunya faktor penentu kualitas hasil jepretan kamera sebuah HP. Meskipun ukuran megapikselnya besar, hasilnya tetap bakalan mengecewakan apabila tidak mendapatkan dukungan dari fitur autofocus.

2. Memiliki LED Flash

Kualitas HP kamera juga sangat ditentukan oleh fitur LED Flash yang disematkan padanya. Oleh karena itu, fitur ini mesti dipastikan keberadaannya pada kamera HP yang akan dibeli.

Alasan mengapa fitur ini sangat penting tidak lain karena ketika Anda ingin memotret sebuah obyek di dalam ruangan dengan pencahayaan kurang, keberadaan fitur ini bakalan menjadikan hasil jepretan lebih cerah dan bagus.

3. Perhatikan Aperture

Terdapat lubang kecil pada kamera HP yang disebut aperture. Fungsinya adalah memungkinkan cahaya dari luar ikut masuk ke dalam lensa kamera. Dari sini bisa diketahui kalau aperture ini memegang berperan penting dalam membantu menghasilkan kualitas jepretan gambar terbaik.

Dengan adanya aperture, dimensi foto yang berlatar belakang sedikit kabur bisa ditambahkan. Sehingga, hasil jepretan kamera yang baik bisa didapatkan meskipun dalam kondisi minim cahaya.

4. Memiliki Kualitas Rekaman 4K

Kualitas kamera HP juga sangat dipengaruhi oleh keberadaan fitur rekaman 4K padanya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memerhatikan keberadaan fitur tersebut pada kamera HP yang akan dibeli. Sebab, fitur tersebut bakal sangat mendukung aktivitas Anda dalam membuat video.

Jika sebelumnya video berkualitas HD (1080p) merupakan kualitas terbaik, maka kualitas video yang dihasilkan dengan kamera yang dibekali fitur 4K lebih tajam dan jernih lagi. Tidak heran jika keberadaan fitur ini tidak bisa dianggap sepele.

5. Fitur Sensor

Fitur sensor pada kamera HP turut memegang peranan penting dalam menghasilkan jepretan yang berkualitas. Itulah sebabnya mengapa keberadaan fitur ini sangat penting pada kamera HP yang ingin dibeli.

Sebagai contoh, resolusi kamera pada Apple iPhone terbilang “rendah” jika dibandingkan resolusi pada ponsel Android. Tapi kenyataannya, hasil tangkapan jepretan kamera iPhone terlihat lebih baik.

Kok bisa seperti itu? Jawabannya terletak pada kualitas sensor yang digunakan. Perlu diketahui bahwa Apple iPhone menggunakan sensor berkualitas tinggi pada kamera HP yang disematkan pada perangkatnya.

Salah satu contohnya adalah iPhone 13 Pro Max yang menggunakan sensor Sony IMX 7-series yang tidak perlu diragukan lagi ketangguhannya.

Oleh karena itu, mencari tahu kualitas sensor yang disematkan pada sebuah kamera HP sangatlah penting. Hanya saja, sulit untuk mengetahui kualitas sensor sebuah HP karena umumnya tidak dicantumkan pada spesifikasi.

Oleh karena itu, Anda perlu mengeluarkan upaya yang lebih besar untuk mengetahuinya. Dalam hal ini, Anda bisa mencari tahu melalui berbagai ulasan yang ada di internet seputar HP yang ingin dibeli, atau mengecek langsung pada orang yang sudah menggunakannya.

6. Fitur HDR

Fitur HDR (High Dynamic Range) pada kamera HP juga tergolong penting dan turut memengaruhi kualitasnya. Oleh sebab itu, pastikan fitur ini terdapat pada HP yang ingin dibeli.

Fungsi dari fitur HDR tidak lain untuk membantu kamera mengambil gambar dengan jangkauan pencahayaan yang luas dan dinamis. Hal ini tentu saja lebih bagus jika dibandingkan kamera HP yang tidak memiliki fitur HDR.

Jika Anda ingin melakukan tangkapan gambar pada sebuah obyek dengan menggunakan mode HDR, kamera HP tersebut bakalan bisa melakukan pemotretan secara bersamaan dengan pencahayaan yang berbeda. Setelah itu, semua hasil jepretan akan digabungkan menjadi satu foto dan hanya akan memilih bagian foto terbaik saja untuk setiap foto yang diambil.

Karena alasan inilah mengapa kamera HP ini membutuhkan waktu lebih lama untuk melakukan penangkapan gambar ketika fitur HDR pada kamera tersebut diaktifkan.

7. Fitur Zoom

Untuk kebutuhan pengambilan dari jarak jauh, Anda membutuhkan kamera HP yang memiliki fitur zoom. Oleh karena itu, pastikan fitur ini terdapat pada HP yang akan Anda beli.

Oh ya, perlu diketahui kalau zoom terbagi 2, yaitu digital dan optikal. Masing-masing dari keduanya turut memengaruhi kualitas jepretannya. Oleh karena itu, pastikan Anda mengecek terlebih dahulu  jenis zoom yang disematkan pada kameranya.

8. Fitur OIS

Salah satu fitur penting yang juga perlu diperhatikan pada kamera HP adalah fitur OIS, Tapi sebelumnya, arti dari OIS itu sendiri apa ya?

Sekedar untuk dicatat, OIS merupakan singkatan dari Optical Image Stabilizer atau Optical Image Stabilization. Keberadaan fitur ini bakal menjadikan proses penangkapan gambar lebih stabil. Ketika Anda ingin melakukan penangkapan gambar atau video dengan bantuan kamera HP, fitur ini bakalan memastikan kalau hasil jepretan kamera atau penangkapan video tetap stabil.

Perlu diketahui bahwa fitur OIS ini disematkan pada lensa kamera. Fungsinya sangat penting karena Keberadaannya sangat penting dalam membantu menghindari hasil foto dan video yang terlalu banyak goyang.

9. Slow-motion Video

Jika Anda senang membuat video sendiri dan memajangnya di media sosial, maka fitur Slow-motion video sangat Anda butuhkan.

Dengan bantuan fitur ini, Anda akan merekam video gerak lambat. Demikian pula ketika ingin membuat pembuatan video dengan adegan yang sinematis, keberadaan fitur ini sangatlah dibutuhkan.

Dengan bantuan fitur ini, pengguna dapat menjadikan kamera HP mampu melakukan perekaman video dengan obyek yang bergerak 32 kali lebih lambat dibandingkan video normal.

Itulah tadi 9 cara memilih kamera HP yang bagus. Bagi Anda yang membutuhkan gambaran terkait masalah ini, semoga artikel di atas bisa memenuhi harapan Anda. Dalam hal ini, sebaiknya Anda hanya menggunakannya untuk kepentingan umum.

Abdullah

Back to Top