Thursday Aug 11, 2022

Cara Root HP Android dan Keuntungannya

Cara Root HP Android

Aktivitas rooting pada ponsel adalah sebuah proses untuk mengizinkan pengguna dapat mengakses sistem operasi dasar ponselnya. Melakukan root biasanya dilakukan untuk mendapatkan kontrol yang lebih tinggi pada berbagai subsistem perangkat digital, terutama pada Android.

Rooting juga kerap disebut sebagai jendela antara pengguna dan sistem operasi dasarnya, sehingga tidak tersedia akses root langsung pada sebuah ponsel yang Anda beli, sebab hanya akan memudahkan seseorang untuk memodifikasi sistem perangkatnya. Meskipun begitu, aktivitas root masih bisa dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan performa dan optimasi kinerja Android Anda.

3 Cara Root HP Android

Root HP Android memang dapat dilakukan dengan berbagai bantuan teknologi tambahan yang ada saat ini.Akan tetapi, root Android hanya bisa dilakukan oleh mereka yang memiliki pengetahuan seputar hal ini.Sebab hal ini sangat berkaitan dengan sistem operasi dasar perangkat Anda yang salah sedikit hanya dapat berakibat fatal. Berikut beberapa cara root HP Android beserta beberapa keuntungannya.

1. Root HP Android dengan KingRoot

Seperti namanya, aplikasi KingRoot ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan root pada ponsel Anda.Bahkan aplikasi ini tidak hanya dapat dimanfaatkan melalui smartphone saja, namun juga bisa melalui bantuan laptop/PC. Aplikasi ini sedang banyak-banyaknya digunakan, sebab kemudahan akses root yang ditawarkannya dalam satu aplikasi. Adapun cara root HP Android menggunakan aplikasi ini, antara lain:

  1. Pertama-tama, download terlebih dahulu aplikasi KingRoot ini melalui laman website resminya, lalu lakukan penginstalan pada perangkat Anda.
  2. Setelah masuk ke dalam aplikasi, cukup klik “cek” dan tunggu proses pengecekan berlangsung.
  3. Pastikan metode rootnya bisa dijalankan atau tidak.

2. Root HP Android dengan Root Genius

Aplikasi lain yang bisa dimanfaatkan untuk root HP Android, yaitu Root Genius. Aplikasi ini juga bisa didownload dan diinstall melalui website resminya. Adapun cara Root HP Android dengan aplikasi ini dapat menggunakan langkah-langkah berikut:

  1. Pertama buka aplikasi Root Genius
  2. Selanjutnya klik gambar lingkaran yang muncul pada laman aplikasi, hingga muncul kotak yang mengarahkan Anda untuk menginstal Root Genius. Kemudian akan muncul ikon jempol.
  3. Setelah proses instal selesai, silahkan mengubah nama pengguna.
  4. Tunggu hingga proses root berjalan dan selesai.
  5. Jika root ingin dilakukan pada perangkat PC/laptop, cukup sambungkan perangkat HP dengan laptop menggunakan USB. Jalankan langkah-langkah yang sama, namun pastikan pada smartphone Anda aplikasi Root Genius ini juga ada dan telah terinstall.

3. Root HP Android dengan FramaRoot

Salah satu kesulitan beberapa pengguna dalam melakukan root perangkat mobilenya, yaitu harus diakses menggunakan PC/laptop. Namun dengan aplikasi FramaRoot yang dapat diperoleh dengan mudah di website resminya, Anda bisa melakukan root tanpa PC. Adapun langkah-langkahnya, yaitu:

  1. Download dan install aplikasi FramaRoot ini.
  2. Buka aplikasi, lalu pilih SupersU atau superuser.
  3. Jika telah memilih, maka akan muncul beberapa opsi, seperti Gandalf dan Aragorn. Sedikit informasi bahwa kedua nama tersebut diambil dari nama karakter dalam film Lord of The Rings.
  4. Silahkan memilih salah satu diantara keduanya, karena tidak memiliki perbedaan yang jauh.
  5. Tunggu hingga proses rooting berlangsung dan selesai.
  6. Jika telah muncul pemberitahuan, maka root sudah berhasil.
  7. Untuk meningkatkan keefektifan root, sebaiknya lakukan restart android dan pastikan SuperSU atau superuser sudah ada di menu aplikasi.

Keuntungan Root HP Android

Jika telah memahami cara root HP Android dengan baik, masih kurang rasanya jika tidak mengetahui betul apa manfaat sekaligus keuntungan dari aktivitas rooting ini pada ponsel Anda. Adapun beberapa keuntungan melakukan root pada perangkat Android Anda, antara lain:

  1. Dapat menghapus aplikasi yang tidak begitu Anda perlukan dan hanya memenuhi memori pada HP Anda, baik itu aplikasi yang Anda download sendiri maupun aplikasi bawaan ponsel yang memang sulit dihilangkan.
  2. Mengoptimasi kinerja RAM yang bisa diatur melalui background secara otomatis.
  3. Meningkatkan performa sistem operasi perangkat Android.
  4. Menghemat baterai ponsel hingga 40%.
  5. Lebih mudah memindahkan data internal dan eksternal untuk mengatur alokasi penyimpanan yang lebih baik.

Meskipun manfaat-manfaat di atas mampu memberikan keuntungan tersendiri bagi penggunanya, namun pastikan cara root HP Android yang Anda lakukan sudah sesuai dengan langkah-langkah yang tepat. Sebaiknya silahkan cari juga terlebih dahulu resiko apa saja yang dapat Anda peroleh ketika melakukan rooting pada perangkat Android Anda.

Abdullah

Back to Top