Wednesday Nov 30, 2022

Kulkas Tidak Dingin Kompresor Panas? Ini Cara Mengatasinya!

Gambr Kulkas Tidak Dingin Kompresor Panas

Siapa yang tidak kenal dengan kulkas? Keberadaan alat elektronik yang satu ini seakan sudah menjadi hal yang ‘wajib’ dalam rumah tangga. Pasalnya, fungsinya sangat besar karena membantu menjadikan bahan makanan dan minuman awet tersimpan dalam waktu lama. Dengan begitu, bahan makanan dan minuman tersebut bisa diolah dan dikonsumsi dalam waktu lama

Sebagaimana alat elektronik lainnya yang setiap saat bisa mengalami kerusakan, kulkas juga bisa mengalami hal tersebut. Salah satunya adalah gangguan berupa kulkas tidak dingin kompresor panas. Nah, bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Ulasan kali ini akan membahasnya.

Apa Saja Penyebab Kulkas Tidak Dingin Kompresor Panas?

Kulkas tidak dingin kompresor panas tentu ada penyebabnya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa saja penyebabnya sehingga bisa ditentukan solusi untuk mengatasinya.

1. Kumparan Motor Terbakar

Penyebab paling pertama gangguan di atas adalah kumparan motor terbakar yang mengakibatkan kebuntuan dalam pipa kapiler. Pemicu hal tersebut adalah kondisi listrik yang kurang stabil dan sering padam dan menyala tiba-tiba dalam waktu berdekatan. Akibatnya, kompresor kulkas mengalami panas berlebih sehingga kumparan motor terbakar.

2. Relay Kompresor Tidak Bekerja Maksimal

Kulkas tidak dingin tapi kompresor panas bisa juga disebabkan oleh relay kompresor yang tidak bekerja dengan maksimal. Padahal, fungsi relay tersebut sangat penting karena berfungsi sebagai pelindung mesin kulkas dari masuknya listrik yang tidak stabil.

Ketika relay tidak bekerja maksimal, tentu kondisi listrik tidak stabil yang masuk ke mesin kulkas akan menyebabkan gangguan. Salah satunya adalah kulkas menjadi tidak dingin dan kompresor kulkas terasa panas dan sewaktu-waktu kumparannya bisa terbakar.

Selain dua penyebab di atas, kulkas yang tidak dingin dan kompresor panas juga bisa disebabkan oli kompresor kering, kompresor melemah, atau sirkulasi freon yang mampet.

Cara Mengatasi Kulkas Tidak Dingin Kompresor Panas

Untuk mengatasi kulkas tidak dingin kompresor panas, cobalah periksa terlebih dahulu kondisi kulkas Anda. Pastikan apakah kulkas Anda masih bisa mengeluarkan dingin meskipun hanya sedikit atau tidak. Sebab, terkadang gangguan yang disebutkan di atas terjadi akibat bunga es yang terlalu menumpuk di kulkas Anda.

Meskipun kulkas sudah dibekali dengan fitur no frost, bukan berarti kulkas bisa terbebas dari masalah yang disebutkan di atas. Fitur no frost berfungsi menghentikan kerja kompresor untuk jangka waktu tertentu (sementara). Ketika dihentikan, heater evaporator harus dihidupkan agar bunga es yang ada di kulkas bisa mencair.

Ketika timer yang ada di kulkas bermasalah, menyebabkan fitur no frost bermasalah sehingga bunga es menutupi evaporator. Akibatnya, udara dingin tidak berhembus secara maksimal sehingga kondisi kulkas tidak dingin lagi.

Oleh karena itu, Anda terlebih dahulu harus mencari posisi timer di kulkas Anda dengan cara mematikan kulkas. Setelah itu, carilah timer pada rangkaian listrik di dalam sebuah kotak. Umumnya timer yang disematkan di dalam kulkas memiliki lubang yang dapat diputar menggunakan obeng pipih.

Setelah itu, coba kembali nyalakan kulkas Anda. Jika kompresor sudah bekerja normal, putar saja timer secara perlahan sampai kompresor berhenti. Dalam beberapa waktu, kulkas akan kembali dingin dan kompresor Anda tidak akan panas lagi.

Demikianlah ulasan tentang penyebab kulkas tidak dingin kompresor panas dan cara mengatasinya.  Semoga setelah membaca artikel ini, Anda tidak akan kesulitan lagi mengatasi gangguan di atas jika menimpa kulkas Anda.

Abdullah

Back to Top