Saturday Feb 04, 2023

Macam-macam Sistem Operasi HP Saat Ini

Macam-macam Sistem Operasi HP

Kebanyakan orang mengetahui kalau sistem operasi yang berjalan di smartphone hanya Android dan iOS. Wajar sih, karena kedua sistem operasi tersebut memang yang paling terkenal dikarenakan bersifat open source.

Tapi sebenarnya masih ada sistem operasi lainnya yang berjalan di HP. Oleh karena itu, postingan kali ini akan membahas mengenai jenis-jenis sistem operasi tersebut.

Apa Itu Sistem Operasi?

Sebelum masuk ke dalam pembahasan lebih detail mengenai macam-macam sistem operasi HP, alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan sistem operasi itu sendiri.

Disebutkan secara makna dari  Wikipedia bahwa sistem operasi itu berbentuk perangkat lunak sistem. Tugasnya adalah mengontrol dan mengatur perangkat keras serta operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi semisal program-program pengolah kata dan peramban web.

Lebih lanjut tentang sistem operasi, hakikatnya adalah perangkat lunak di lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer ketika booting. Adapun software-software lainnya baru akan dijalankan setelah sistem operasi berjalan. Nantinya sistem operasi tersebut akan memberikan layanan inti bagi software-software itu.

Layanan inti yang dimaksud di sini berupa akses ke disk, manajemen memori, antarmuka user GUI/CLI, maupun pengaturan tugas schedule task. Dengan begitu, setiap software tidak perlu lagi melakukan berbagai tugas inti yang umum disebabkan adanya sistem operasi yang melakukannya.

Detail Ulasan Macam-macam Sistem Operasi HP

Penasaran ingin mengetahui apa saja sistem operasi HP yang ada sampai saat ini? Jika iya, pastikan Anda membaca ulasan di bawah ini sampai selesai.

1. Android

Sistem operasi yang satu ini pertama kali diperkenalkan pada 2008, tepatnya tanggal 20 September 2008. Penamaan awalnya adalah Astro. Nanti setelah dikembangkan oleh Google, barulah sistem operasi tersebut menggunakan penamaan yang berdasarkan abjad untuk nama-nama makanan semisal Donut, Pie, Ice Cream, serta Sandwich.

Android menggunakan sistem berbasis Linux yang dikembangkan oleh Andy Rubin. Setelah Android Pie (Android 9), barulah Google melakukan perubahan pada sistem penamaan Android berdasarkan abjad.

2. iOS

Sistem operasi lainnya yang juga sepopuler Android yaitu iOS. Awal kelahiran sistem operasi ini pada 29 Juni 2007 dan dikembangkan oleh Apple. Cuma waktu itu, sistem operasi ini bersifat eksklusif, hanya dapat dijalankan pada perangkat milik Apple.

Dalam perjalanan waktu, Apple mengembangkan iPad OS sebagai sistem operasi terbaru pada tablet yang dirilis Apple. Kedua sistem operasi tersebut memang jauh lebih unggul dari segi optimalisasi penggunaan perangkat dan tingkat keamanan yang tinggi.

Selama ini Apple memang dikenal sebagai vendor smartphone yang lebih menitikberatkan peningkatan performa dari setiap perangkat yang diproduksinya. Karena itu, merupakan hal yang wajar jika performa dari setiap perangkat besutan Apple sangat bagus meskipun spesifikasinya lebih minim dibandingkan Android.

3. HarmonyOS

Sistem operasi yang bernama Harmony OS ini dikembangkan oleh Huawei. Awalnya, Harmony OS menggunakan sistem operasi Android. Hanya saja, perang dagang yang terjadi di antara Amerika dan Tiongkok menyebabkan Huawei harus meninggalkan sistem operasi Android.

Sebenarnya, bukanlah hal yang mengherankan jika Huawei berhasil menciptakan sistem operasi Harmony OS. Pasalnya, sejak 2019 lalu Sebab, sebagian sumber menyebutkan kalau Huawei memang mengembangkan sistem operasi tersebut sejak 2019.

4. KaiOS

Macam-macam sistem operasi HP lainnya adalah KaiOS. Basisnya menggunakan Linux dan diluncurkan pertama kali oleh KaiOS Technologies Limited pada 2017. Tujuan utamanya adalah menjadikan feature phone (handphone berkemampuan standar) yang kesulitan mengakses internet jadi bisa mengakses internet.

Dilansir dari Quartz bahwa terdapat berkisar 9,2 miliar pengguna seluler di dunia saat ini, di mana berkisar 1,4 miliar di antaranya masih menggunakan feature phone. Tentunya keberadaan sistem operasi ini sangat membantu.

5. Windows Phone

Sebenarnya Windows 8 yang dirilis oleh Microsoft merupakan sistem operasi khusus untuk komputer PC. Hanya saja, sistem operasi tersebut akhirnya digunakan sebagai sistem perangkat mobile.

Sistem operasi yang bernama Windows Phone (sebelumnya Windows Mobile) ini diperkenalkan ke publik pada Oktober 2010. Perangkat yang sudah menggunakan sistem operasi tersebut pada waktu itu adalah Windows Phone 7. Nokia beruntung menjadi salah satu yang merasakan sistem operasi tersebut disematkan pada perangkat mobile. Setelah itu, terjadilah kerjasama antara Microsoft dan Nokia pada tahun 2011.

Berkat kerjasama tersebut, Nokia lalu menjadikan Windows Phone sebagai sistem operasi pada perangkat smartphone besutannya. Bahkan, Microsoft sampai saat ini sementara selalu mengembangkan sistem operasi tersebut.

6. Tizen

Salah satu sistem operasi HP lainnya yang juga disematkan adalah Tizen. Hanya saja, nama sistem operasi yang satu ini masih belum familiar di telinga pasar Indonesia. Smartphone seri Z sendiri yang menggunakan sistem operasi Tizen dan berhasil terjual sebanyak  64 juta unit di India.

Tizen merupakan sistem operasi yang dikembangkan pada tahun 2012. Keberadaan sistem operasi ini merupakan besutan Samsung dan dibuat berbasiskan Linux. Sistem operasi ini memang hasil kolaborasi antara Samsung Linux Platform (SLP) dan Linux mobile (LiMo).

Dalam perkembangannya, sistem operasi ini tidak hanya bekerja pada perangkat smartphone, tetapi juga perangkat IoT. Misalnya saja digunakan pada perangkat TV besutan Samsung.

Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam sistem operasi HP dan hal-hal yang berkaitan dengannya. Setelah membaca artikel ini, tentu Anda sudah mengetahui kalau sistem operasi selain Android dan iOS masih banyak.

Abdullah

Back to Top